Selasa, 01 Juni 2010

Cara merawat Baterai Laptop



Laptop sering sekali menjadi pilihan banyak orang dalam mengarungi kegiatan sehari-hari terutama bagi mereka yang sering bekerja secara mobile.
Di dalam Laptop terdapat salah satu komponen yang paling penting yang harus diperhatikan penggunaannya yaitu Baterai laptop. Banyak para pengguna laptop mengaku baterainya tidak tahan lama padahal laptopnya itu baru saja beli.
Bagaimana ya cara membuat baterai agar lebih awet dan dapat dipakai lebih lama…???
Nih Gw punya banyak solusinya agar baterai laptop kalian awet dan dapat bertahan lama simaknya baik-baik

1. Atur power baterainya

Di dalam Windows terdapat satu fitur yang namanya power options. Nah, Melalui fitur ini kita dapat mengatur daya laptop. Dan caranya sangat mudah sekali.
1. Klik tombol Start,
2. Lalu buka Control Panel dan kemudian double klik icon Power Options.
3. Lalu Akan muncul sebuah kotak dialog dengan nama Power Option Properties.
4. Kemudian pilih tab Power Schemes.
5. Kemudian akan muncul  menu drop down yang terdapat enam pilihan yaitu Home/Office Desk, Portable/Laptop, Presentation, Always On, Minimal Power Management dan Max Battery.
Kemudian Coba klik salah satu dari enam pilihan tersebut. Setting-an turn of monitor, hard disk, System standby ataupun System hibernates akan berbeda-beda waktunya, tergantung dari suatu opsi yang akan Anda pilih.
Apabila anda ingin baterai anda lebih awet, Anda disarankan memilih ‘Max Battery’. Karena Pilihan ini akan menghemat penggunaan daya baterai anda karena menu ini hanya membutuhkan kecepatan prosesor minimal untuk membaca dokumen atau mengecek e-mail. Max Battery akan mempengaruhi pada kecepatan laptop anda dalam artian performa laptop anda akan cepat menurun.

2. Jangan biarkan ada suatu perangkat yang tertancap di dalam laptop anda jika tidak dipakai
Seringkali para pengguna laptop membiarkan ada suatu perangkat yang tertancap di laptop anda, mulai dari kabel kamera digital, USB memory stick, PC Card dll. Padahal kan perangkat tersebut sudah nggak digunakan lagi. Pastikanlah alat tersebut dicabut dari laptop anda apabila anda sedang tidak menggunakanya karena hal ini akan dapat menguras power baterai laptop anda.

3. Perhatikan penggunaan dan pengecasan baterai
Apabila anda ingin mengecas baterai laptop anda, Jangan pernah tanggung-tanggung kalau lagi mengecas baterai laptop anda. Caslah hingga penuh sampai 100 persen. Apabila baterai sudah hampir habis, caslah baterai tersebut hingga kembali penuh namun ingat jangan sampai menunggu baterai anda benar-benar kosong, Mengapa…???  karena Ini akan membuat kapasitas baterai anda bekerja dengan lebih baik.
Yang perlu diperhatikan kembali adalah, lepaskan baterai dari laptop anda apabila Anda tidak menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Akan lebih baik apabila laptop anda  ditancapkan langsung saja ke adaptor jika memang Anda akan bekerja dalam waktu yang cukup lama.

4. Kurangi brightness
berdasarkan kutipan dari “Webuser.co.uk” yang melansir bahwa ternyata LCD  laptop dapat memakan daya baterai anda . Oleh karenanya Anda kemudian disarankan untuk dapat mengurangi brightness laptop anda seminimal mungkin namun tetap nyaman dipandang mata anda.
5. Gunakan screen savers ‘Blank’
Ternyata Screen saver itu dapat juga menguras baterai laptop anda. Karena itu gunakanlah screen saver yang Blank. Caranya yaitu sebagai berikut:
1. klik kanan pada Desktop laptop anda
2. Kemudian pilih Properties.
3. Lalu Akan muncul kotak dialog Display Properties,
4. Kemudian pilih tab Screen Saver.
5. Di dalam Pada menu drop down terdapat banyak pilihan Screen saver, diantaranya 3D FlowerBox, 3D Flying Objects, 3D Text, Blank, Marquee dan sebagainya.
6. Dan kemudian Anda disarankan untuk memilih ‘Blank’ kemudian atur waktu menunggunya (Wait time) hingga 2 menit
7. lalu klik OK.
Langkah ini akan membuat baterai anda lebih hemat dan tahan lama.

6. Kurangi resolusi
Ada Cara lain lagi untuk membuat baterai laptop anda lebih awet lagi yaitu dengan mengurangi resolusi layar anda serta jumlah warna yang digunakan dalam laptop anda. Untuk menguranginya, Anda bisa gunakan cara seperti berikut:
1. klik kanan pada Windows Desktop
2. Kemudan pilih Properties.
3. Kemudian Pada kotak dialog Display Properties anda pilih tab Settings.
4. Lalu atur resolusinya dengan cara menarik slider-nya ke kiri untuk mengurangi resolusi. 5. Kemudian pada menu drop down anda pilih kualitas warna (color quality) yang lebih rendah,
6. lalu klik OK.

7. Matikan Wi-Fi
Apabila Wi-Fi anda aktif tentu saja akan ikut berpengaruh karena dapat mengurangi baterai anda. Apabila anda tidak berniat untuk memanfaatkan akses nirkabel ataupun ber-Internet, pastikanlah Wi-Fi anda dalam keadaan mati sehingga baterai anda akan lebih awet adan dapat bertahan lama


.::| Selamat mencoba |::..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar