Jumat, 10 September 2010

Kemampuan Otak Manusia






Mengutip dari buku Fight Like a Tiger Win Like a Champion karya Darmadi Darmawangsa dan Imam Munadhi (2006) sebuah penelitian pernah dilakukan di Han Moravec, sebuah Robotic Institute dari Carnegie Mellon University, mengatakan bahwa supercomputer yang tercanggih pada tahun 1997 hanya mempunyai kemampuan 1/100 dari kemampuan otak manusia. Dan baru pada tahun 2020 diprediksikan manusia mampu membuat supercomputer yang mampu menandingi otak manusia.

Otak kita sebagai modal dan karunia yang luar biasa, mampu menyimpan sekitar 800 informasi per detik selama rata-rata 75 tahun hidup manusia tanpa pernah merasa lelah. Oleh karena itu, jika sebuah komputer dirancang untuk menyamai potensi kekuatan otak manusia, dibutuhkan komputer seukuran sebuah gedung bertingkat setinggi 400 meter atau pernah juga disamakan dengan komputer seukuran lapangan bola dan membutuhkan lebih dari 1.000.000.000 watt daya listrik untuk menjalankannya. 

Woooooowww, masih meremehkan otak kita sendiri??? maka mulai saat ini berhentilah untuk mengutuk, mencemooh apalagi menganggap bodoh otak kita sendiri. Dalam memanfaatkan potensi otak kitapun, kita harus berhati-hati. Otak manusia yang ukurannya hanya sebesar setengah jeruk Bali dan dengan berat sekitar 1,5 kilogram dapat mengalahkan CRAY supercomputer yang berbobot 7 ton. Otak manusia dapat bekerja dengan kecepatan 200 triliun kalkulasi per detik, sedangkan CRAY supercomputer hanya 400 juta kalkulasi per detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar