Kamis, 07 Oktober 2010

Galaksi unik Black eye

NGC 4826 Black Eye

tampak dengan menggunakan infra merah
sumber gambar

Sebuah Galaksi menakjubkan di konstelasi coma berenices, Ada beberapa informasi yang meragukan siapa yang menemukan galaksi ini, informasi pertama galaksi ini diketemukan oleh Johan Bode pada tahun 1779 kemudian menamainya Galaksi putri tidur (Sleeping beauty Galaxy) dan informasi lainnya galaksi ini diketemukan pada tahun 1781 oleh seorang astronom berkebangsaan prancis bernama Charles Messier, pada saat itu ia sedang melakukan survei pemotretan terhadap galaksi dan nebula. Diantara galaksi-galaksi yang telah berhasil diketemukan oleh Messier, ada satu galaksi yang memiliki sifat aneh yaitu memiliki cincin kabut dan berwarna gelap. Cincin kabut tersebut mengelilingi intinya yang terang benderang, karena tampak seperti mata manusia maka Messier memberi nama galaksi itu Black eye (mata hitam). Galaksi ini berbentuk spiral dengan lengannya seperti belalai yang menjulur dari inti yang terang. Jarak galaksi mata hitam dari bumi sekitar 19 juta tahun cahaya. Galaksi ini termasuk ke dalam golongan kelas Sb lebih tepatnya kelas Sb a-d. Seperti skema klasifikasi galaksi dari Hubble yang berbentuk garpu dibawah ini :
Galaksi ini memiliki beberapa nama lain : Galaksi putri tidur (sleeping beauty galaxy), NGC 4826, Messier 64 dan Black eye, Galaksi ini termasuk unik dengan fitur gelap akan tetapi dengan satu sisi bagian inti yang terang, Meskipun M64 tidak bisa terlihat dengan mata telanjang, ia akan mudah terlihat di teleskop dengan 10 sampai 15 cm minimum.

M64 memiliki dua sistem rotasi yang berlawanan yaitu zona dalam dan zona luar, zona dalam dengan radius sekitar 3.000 tahun cahaya, berhimpitan dengan zona luar dengan rotasi berlawanan pada sekitar 300 km/s dan terus meluas keluar untuk setidaknya 40.000 tahun cahaya. Terjadi penggerusan pada zona yang saling berhimpitan itu, menurut satu teori galaksi ini berasal dari ledakan kuat sebuah bintang dan menciptakan jalur debu yang besar, dan mungkin hasil material pendamping mantan yang telah bertambah namun belum mampu sepenuhnya menyelesaikan bentuk orbit yang sempurna, saran lain menerangkan bahwa M64 mungkin adalah prototipe untuk kelas galaksi yang disebut ESWAG, atau galaksi yang berevolusi pada gelombang ke dua. Menurut ide ini, pola spiral utama terdiri dari populasi usia antar bintang. Pembentukan bintang pertama kali berevo;usi di luar, mengikuti gradien densitas, manufaktur bintang asalkan ada cukup materi antar bintang yang tersedia dan kemudian perlahan-lahan mati. Sebagian materi dirilis ulang keruang angkasa dari bintang-bintang yang berevolusi dengan cara angin bintang, supernova dan nebula planet, materi antar bintang semakin banyak yang berakumulasi lagi sampai akhirnya cukup untuk memungkinkan gelombang baru dan memulai pembentukan bintang. Dan kini telah mencapai wilayah dimana jalur debu gelap muncul.

    Berikut adalah data lengkap tentang galaksi ini :
  • Nama = M 64, NGC 4826, Galaksi putri tidur (sleep beauty galaxy), mata hitam (Black eye)
  • Konstelasi = Coma berenices
  • Type = Galaksi spiral
  • Jarak dari bumi = 19 juta tahun cahaya
  • Diameter = 51.000 tahun cahaya
  • Posisi = R.A. 12h 51.8m
  • Deklinasi = 22° 14”
  • Sudut posisi = 115o
  • Magnitude = 8.4
  • Tingkat kecerahan = 12.4
  • Ukuran = 10.3’ x 5.0’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar